Sekolahmaya.id

02 April 2020 Articles, Edutech, News


Dalam membantu sekolah yang melaksanakan kegiatan belajar di rumah akibat mewabahnya Covid-19 di Nusantara ini, Sokrates mengembangkan LMS (Learning Management System) yang dapat digunakan oleh sekolah dalam hal ini Guru dalam melaksanakan pengajaran secara online supaya proses pembelajaran peserta didik dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sampai situasi kondusif.

LMS tersebut diberi nama sekolahmaya.id. Untuk saat ini, yang dapat menggunakan LMS ini adalah sekolah-sekolah yang telah bermitra dengan Sokrates. Bagi sekolah yang belum bermitra juga dapat menggunakan sekolahmaya.id dengan terlebih dahulu menghubungi tim Sokrates.

Di dalam LMS ini terdiri dari beberapa bagian:

  • Announcement, berisi informasi yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar baik dari sekolah maupun dari Guru/Wali Kelas
  • Page, berisi materi-materi belajar untuk peserta didik baik berupa Video, Pdf, PowerPoint maupun bentuk lain yang tujuannya memberikan petunjuk bagi peserta didik untuk memahami materi yang diberikan oleh Guru
  • Forum, merupakan wadah dari para peserta didik dan Guru untuk berdiskusi mengenai sebuah topik yang telah disiapkan okeh Guru. Dalam diskusi ini, peserta didik tidak akan dapat melihat jawaban dari temannya sebelum dia memposting jawaban dia sendiri. Hal ini di desain supaya peserta didik berani menyampaikan pendapat atau opini tanpa terpengaruh jawaban dari temannya.
  • Quiz, berisi soal-soal yang disiapkan oleh Guru untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dari peserta didik akan materi yang telah dipelajari peserta didik melalui Page.

Salah satu hal yang menarik dari LMS ini adalah Peserta Didik dapat mendownload materi sesuai dengan materi yang dia pelajari sehingga dia dapat membuka setiap saat  melalui smartphonenya walaupun tidak terkoneksi internet. Tentunya ini akan membantu para peserta didik yang bermasalah dengan jaringan internet apalagi saat ini kondisi jaringan agak sedikit bermasalah sehubungan dengan banyaknya WFH (Work From Home) dan belajar dirumah.

Diharapkan dengan adanya LMS ini, Guru dapat lebih berinteraksi dengan peserta didik dengan lebih baik. Tim Sokrates akan membantu para Guru dengan memberikan pelatihan sebelum menggunakan sekolahmaya.id agar Guru-Guru dapat lebih siap dalam menggunakan sekolahmaya.id.

Disamping pelatihan secara langsung, dalam sekolahmaya.id juga ada fitur yang dapat digunakan untuk menghubungi Admin sekolahmaya jika Guru ada yang mengalami kesulitan dalam menggunakan LMS ini. Tim Sokrates selalu standby siap membantu Guru dalam mengeimplementasikan kegiatan belajar di rumah demi proses belajar mengajar peserta didik di seluruh Nusantara.

Salam Merdeka Belajar.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment

  • Kennard

    Kennard

    05 November 2022
    Call me Kennard