Student Community

SOKRATES STUDENT COMMUNITY IN DIGITAL LITERACY

Merupakan komunitas siswa yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah partner Sokrates (BINUS) di seluruh Indonesia yang bertujuan menyediakan pengembangan hardskill, softskill, dan kompetisi yang sesuai dengan kebutuhan era digital saat ini.

Latar Belakang:

BINUS sebagai salah satu institusi pendidikan berbasis teknologi dan telah banyak melahirkan enterpreneur muda ingin berkontribusi lebih jauh dalam membantu kompetensi siswa terkait penguasaan literasi digital, yang juga selaras dengan agenda pemerintah untuk meningkatkan program literasi dan numerasi sebagai kompetensi yang mendasar bagi siswa, dan agar nantinya siswa mampu berkompetisi maka kemampuan teknikal saja tidaklah cukup, siswa juga perlu memahami kemampuan softskill termasuk etika digital yang mendasar seperti menggunakan sosial media yang aman, berinternet yang aman, agar tidak menjadi korban cyber bullying, dan sejenisnya.

Keuntungan Komunitas Ini Bagi Sekolah:

  1. Tersedia wadah untuk sekolah dalam hal siswa berkompetisi dan meningkatkan pengetahuan hardskill & softskill.
  2. Membantu mempromosikan sekolah melalui event siswa dalam komunitas siswa Sokrates.

Keuntungan Komunitas Ini Bagi Siswa:

  1. Menambah relasi dan memperkaya cara pandang siswa terhadap pemikiran dan ide dari orang lain.
  2. Mendapatkan workshop, kompetisi dan webinar secara gratis bagi siswa sekolah mitra Sokrates.
  3. Dapat menambah portofolio siswa melalui event lomba yang diikuti.
  4. Kedepan akan ada apresiasi untuk siswa-siswi yang mencapai jumlah poin tertentu yang aktif berkontribusi dalam forum komunitas siswa.

Agenda Komunitas Tahun 2022:

Karena Sokrates dikenal di teknologi informasi, maka pada tahun perdana ini Sokrates akan lebih banyak memberikan program yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi dalam bentuk Klub Komputer Nasional. Dimulai dengan workshop “Bagaimana Menjadi YouTuber” dan workshop-workshop lainnya.

Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Anggota Komunitas?:

  1. Saat ini komunitas siswa hanya dibuka untuk siswa SMP dan SMA sekolah mitra BINUS Sokrates.
  2. Akses/pendaftaran forum ke komunitas dapat dilakukan melalui tiga cara:
    1. Web Konten Sokrates sebagai Sumber Belajar (content.sokrates.id)
      • Bagi sekolah mitra Sokrates dapat mendaftarkan email siswanya sehingga siswa otomatis dapat mengakses forum komunitas siswa.
    2. Web Sokrates Apps. (nama_sekolah.sokrates.co.id)
      • Bagi sekolah mitra Sokrates yang menyetujui siswanya bergabung di komunitas siswa maka akan ada menu di Sokrates App sehingga siswa dapat masuk ke forum komunitas siswa.
    3. Melalui link khusus ke content.sokrates.id
      • Bagi sekolah mitra Sokrates yang menyetujui siswanya bergabung di komunitas siswa namun belum dapat mengirimkan email siswa dan sekolah tidak memiliki akses ke Sokrates Apps., maka pada periode tertentu akan dibuatkan link sehingga siswa dapat mendaftar dengan email sekolahnya (berbasis email Google atau email Microsoft Office 365) ke forum komunitas siswa dengan langkah-langkah yang akan dipandu oleh Sokrates.
      • Silahkan klik link berikut: https://content.sokrates.id/course/view.php?id=192 
  3. Setelah mengakses forum komunitas siswa, maka siswa harus mengisi formulir pendaftaran yang ada di sana, yang dapat juga didampingi oleh orang tua, dalam formulir tersebut Sokrates tidak meminta data pribadi seperti tanggal lahir, nama orang tua, ataupun alamat rumah, namun meminta pengisian data survei pendidikan agar Sokrates dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi sekolah mitra dan siswanya.

Mari bergabung bersama komunitas “Sokrates Student Community in Digital Literacy”.