Kahoot, Kuis Digital Yang Asik & Seru

16 April 2019 Articles, Edutech

Jika dahulu model kuis pada saat kita belajar di sekolah diberikan oleh Guru dengan cara konvensional (menggunakan kertas, serius dan menegangkan), saat ini tidak lagi dengan hadirnya KAHOOT!. Tentu sebagian kita khususnya para pengajar ada yang sudah tahu dan menggunakan namun juga tidak sedikit yang belum tahu apa itu Kahoot!.

Kahoot! merupakan sebuah platform pembelajaran gratis berbasis website yang salah satu kegunaannya untuk membuat kuis secara digital & interaktif dengan pendekatan game sederhana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar modern.

Kahoot! dapat digunakan oleh para pengajar untuk membuat pre-test, post-test, remedial, pengayaan materi dan lain sebagainya untuk para siswa dengan pendekatan yang lebih fun. Selain untuk kuis, Kahoot! juga dapat digunakan untuk melakukan survei mapun diskusi.

Cara penggunaannya sangat mudah. Kita hanya memerlukan akun GMail untuk melakukan registrasi setelah itu kita dapat memulai untuk membuat kuis yang kita inginkan, mulai dari membuat/menambah pertanyaan, menentukan jawaban serta melakukan berbagai pengaturan lainnya.

Kahoot! menjadi semakin menarik karena setiap pertanyaan akan ditampilkan dengan gambar, warna. Selain itu suasana dapat dibangun dengan lebih rileks dengan adanya musik/suara yang mengikuti.

Pertanyaan-pertanyaan kuis yang dibuat akan secara otomatis tersimpan pada akun Kahoot! yang kita miliki dan kita dapat melihat setiap pertanyaan yang telah dibuat dan pengaturan urutannya. Selanjutnya kuis akan dikonversi ke dalam sebuah pin agar para peserta dapat mengaksesnya dari smartphone masing-masing.

Kahoot! akan menampilkan skor peserta pada setiap pertanyaan yang telah dijawab, disinilah keseruan yang terjadi dimana para peserta akan berlomba-lomba untuk menjadi pemenang.

Add Comment