Liburan Virtual Di Era New Normal

01 July 2020 Articles, Edutech, News

Saat ini peserta didik sudah memasuki masa libur dan sudah meninggalkan tahun ajaran 2019-2020 walaupun dengan kondisi di tengah pandemi Covid 19 yang memaksa mereka belajar di rumah. Kita tentunya berharap walaupun belajar di rumah dan ditengah situasi pandemi mereka tetap semangat dalam menjalani proses pembelajaran dan mendapatkan ilmu yang akan mereka gunakan pada masa depan.

Liburan tahun ajaran ini tentunya akan menjadi spesial untuk mereka karena tidak bisa melewati seperti tahun-tahun sebelumnya dimana mereka diajak orang tuanya untuk pergi berlibur ke suatu tempat dan menghabiskan waktu bersama dengan situasi dan kondisi yang menyenangkan.

Tahun ini akan mereka lewati di rumah saja walaupun sudah memasuki New Normal. Tentunya hal ini akan menambah kebosanan akan tetapi ada satu hal yang dapat dilakukan oleh Orang tua bersama dengan anak-anak yaitu berlibur secara virtual. Meskipun tidak akan senikmat liburan yang sesungguhnya tetapi ini akan membuat mereka terhibur sejenak melewati masa-masa di rumah saja.

Salah satu aplikasi yang paling mendukung kegiatan ini adalah Google Earth. Orang tua dapat mendownload aplikasi ini melalui Smartphone dan memilih lokasi yang ingin dikunjungi, dengan aplikasi ini kita bisa menjelajahi belahan dunia manapun secara virtual hanya dengan mengetik tempat tujuan yang diinginkan. Ada beberapa hal positif yang didapatkan dengan kegiatan ini :

  • Anak-anak dapat dengan bebas melihat tempat yang ingin mereka lihat secara virtual, jika liburan biasa mereka hanya bisa mengunjungi satu atau dua tempat, dengan aplikasi ini mereka dapat mengunjungi beberapa lokasi yang ingin mereka lihat.
  • Sebagai edukasi buat anak, Smartphone menjadi sebuah media pembelajaran buat mereka bukan cuma sekedar media hiburan saja seperti bermain game, media sosial, tiktok, dll terlebih jika tempat yang mereka kunjungi merupakan tempat-tempat bersejarah di duni.
  • Membangun relasi yang baik antara anak dan orang tua. Dengan aplikasi ini orang tua akan memiliki media untuk dapat saling berkomunikasi dengan anak dan menghabiskan waktu bersama dengan anak. Orang tua dapat bercerita mengenai tempat yang dikunjungi atau bisa juga dikatakan orang tua akan mendongeng anak-anak mereka mengenai tempat yang mereka kunjungi. Tentunya jika diwaktu normal kegiatan mendongeng merupakan hal yang sulit dilakukan terlebih masyarakat di perkotaan dikarenaka kesibukan orang tua dalam mencari nafkah.
  • Menghemat waktu dan biaya. Tentunya dengan liburan virtual akan sangat minim biaya dibandingkan dengan liburan sesungguhnya dimana kita akan menghabiskan dana yang cukup besar apalagi jika mengunjungi beberapa tempat dalam satu masa liburan, dan yang pasti orang tua tidak perlu mengambil cuti dalam melakukan liburan virtual ini,

Banyak hal kreatif yang dapat kita lakukan dalam mengisi liburan bersama dengan anak-anak kita dan ini merupakan salah satu alternatif saja dalam mengisi waktu liburan anak-anak dengan hal yang positif  dan tentunya dapat kita lakukan di tengah waktu luang kita saat pandemi Covid 19 saat ini ataupuan jika masa pandemi ini telah berakhir.

Selamat Berpetualang.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment