Minecraft, Game Edukasi Yang Seru & Asik

28 May 2019 Articles, Edutech

Hampir setiap orang pada semua kalangan usia senang bermain game karena fungsinya yang dapat membantu mengurangi stress rutinitas. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan masifnya penggunaan Smartphone. Kini banyak game yang telah dikembangkan untuk membantu dunia pendidikan khususnya pada proses belajar mengajar.

Gamification (gamifikasi) sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen game yang dapat memotivasi siswa untuk terlibat dalam proses belajar yang enjoy dan asik. Gamification memberikan alternatif proses belajar mengajar yang menarik dan efektif.

Minecraft Education Edition (Minecraft Edu) sebuah game edukasi milik raksasa teknologi Microsoft menawarkan suatu pembelajaran berbasis gamifikasi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam inovasi, pemecahan maslah, kolaborasi dan kreatifitas.

Bagi sekolah-sekolah yang ingin menerapkan metode pembelajaran kolaboratif untuk Science, Technology, Engineering, Art, Math (STEAM), Minecraft adalah salah satu media yang tepat.

Minecraft Edu dikembangkan khusus untuk pendidikan dimana mengajak siswa untuk membuat bangunan dengan menggunakan blok-blok material secara kreatif. Game ini juga guna meningkatkan kolaborasi antara guru dan siswa. Game ini menciptakan sebuah area bermain dimana guru dan siswa dapat berkontribusi menyelesaikan tantangan yang dirancang. Pada game ini ada 2 metode permainan yang dapat dipilih, yakni survial dan creative.

Survival artinya siswa harus mencari material yang tersebar dalam dunia Minecraft untuk dapat bertahan hidup. Siswa akan memiliki poin nyawa dan lapar serta harus mendapatkan sumber daya material sendiri dimana pemain bisa meramu berbagai macam kerajinan dari hasil sumber daya alam yang didapatkan.

Creative artinya siswa dapat dengan bebas menggunakan semua jenis material tanpa harus mencarinya dan membangun sebuah karya dengan kumpulan material tersebut.

Bagi siswa berikut beberapa manfaat penggunaan Minecraft Edu dalam proses belajar:

  1. Keterlibatan siswa. Guru dapat memotivasi setiap siswa untuk belajar ilmu pengetahuan dengan cara interaktif dan menyenangkan.
  2. Kolaborasi. Siswa dapat bermain bersama seperti berkolaborasi dengan siswa lainnya untuk memecahkan masalah.
  3. Eksplorasi kreatif. Tidak ada instruksi langkah demi langkah dalam menyelesaikan puzzle atau tantangan di dunia Minecraft. Siswa harus mencoba, gagal, dan mencoba lagi sampai mereka berhasil. Kesempatan ini mendorong kemandirian dan pengarahan diri sendiri, di mana siswa dapat mengekspresikan diri dan ide-ide mereka dalam memecahkan masalah dengan cara yang unik.

Untuk menjalankan game ini harus disupport oleh komputer yang terinstall Windows 10 dan Office 365.

Sumber:https://education.microsoft.com/Story/Lesson?token=JlfUL

Add Comment