Semangat Guru Dalam Berkarya Dibalik Segala Tantangan

21 January 2021 Articles, Edutech, News

Sejak pandemi Covid-19 merebak membuat sektor pendidikan mengalami perubahan sangat drastis dan berdampak kepada seluruh proses pembelajaran. Jika melihat informasi dari berbagai sumber tidak ada satu negarapun yang siap menghadapi situasi dan perubahan karena proses pembelajaran yang terjadi selama ini adalah pembelajaran tatap muka yang telah berlangsung ribuan tahun dan hal itu tidak berubah walaupun zaman telah berubah.

Negara maju sekalipun belum sepenuhnya siap menghadapi perubahan yang terjadi meskipun dari sisi teknologi sudah sangat baik dan mendukung. Kita patut bersyukur kemajuan teknologi di bidang pendidikan telah mempermudah proses pembelajaran meskipun masih banyak kendala yang dihadapi khususnya di negara kita ini.

“Infrastruktur pendukung yang belum memadai menjadi salah satu kendala namun satu hal yang patut diapresiasi adalah semangat Guru dalam menghadapi tantangan perubahan dihadapi.”

Pada Desember 2020 lalu penulis terlibat dalam pelaksanaan Lomba Guru 4.0 “Membuat Digital Content” yang dilakukan secara online untuk guru-guru diseluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Guru yang diselenggarakan oleh Sokrates.

Lomba ini memberi pembuktian bagi para pendidik bahwa mereka mampu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di tengah keterbatasan yang ada. Penulis melihat semangat perubahan dari hasil video pembelajaran yang ditampilkan dalam perlombaan tersebut. Para pendidik membuat video pembelajaran yang sangat kreatif, out of the box, mudah dipahami, dan memotivasi siswa dalam belajar.

“Para pendidik ternyata mampu membuat video-video pembelajaran seperti yang tersedia di berbagai platform pendidikan bahkan banyak yang mampu membuat lebih bagus.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa video telah menjadi salah satu langkah efektif dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan dalam sebuah survei akademis diperoleh peserta didik akan lebih mudah mempelajari materi ajar dalam bentuk video daripada membaca teks.

Para pendidik harus terus termotivasi dan mau mengembangkan dirinya dan kita berharap akan muncul ide-ide kreatif baru, karya baru demi kemajuan dunia pendidikan kita dimasa depan.

Salam Merdeka Belajar.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment