Pelatihan Membuat Konten Dan Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Nearpod Pada Sekolah Budi Utama Jogjakarta

29 March 2022 Articles

Salah satu bentuk layanan Sokrates kepada mitra sekolah adalah melalui pengembangan Guru khususnya dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Harapannya proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih menyenangkan untuk para peserta didik baik pembelajaran secara online maupun tatap muka. 

Sekolah Budi Utama Yogyakarta sebagai salah satu mitra dari Sokrates secara rutin diberikan pelatihan untuk Guru dan pada semester ini pelatihan membuat konten dan aktivitas belajar yang menyenangkan dengan aplikasi Nearpod. 

Nearpod sendiri merupakan sebuah aplikasi yang didesain untuk mendukung proses pembelajaran dan cukup populer di kalangan dunia pendidikan terlebih di saat pandemi. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang cukup mudah dan mampu membuat kelas tidak terasa jenuh bagi peserta didik. Selain itu, Nearpod juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti SWAY, Flipgrid, Phet.Com dan lain sebagainya sehingga menambah kekayaan materi yang dapat digunakan oleh para Guru dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didiknya. 

Dalam pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 18 dan 25 Maret 2022 tersebut diikuti oleh Guru dari tingkat SD sampai dengan SMA dan para peserta cukup antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang disampaikan oleh para Guru serta semangat dalam mencoba apa yang disampaikan oleh fasilitator.

Kegiatan diawali dengan praktek membuat konten dengan slides, link website, Nearpod 3D, Phet Simulation, VR Field Trip, BBC Video, SWAY, Slide Show, audio, PDF Viewer, serta menginput video dengan kombinasi pertanyaan. Kombinasi pertanyaan dapat membantu Guru memastikan peserta didik melihat video yang disampaikan. Setiap Guru mempraktekkan semua tipe konten.

Pada bagian aktivitas Guru membuat aktivitas dengan menjawab pertanyaan dengan format seperti layaknya bermain game dan juga penyampaian materi secara berkolaborasi. Ada 10 aktivitas yang dibuat oleh Guru seperti  Time To Climb, Open-Ended Question, Matching Pairs, Quiz, Flipgrid, Draw It, Collaborate Board, Poll, Fill In The Blanks, dan Memory Test. Dengan aktivitas ini tentu para peserta didik akan merasa lebih menyenangkan dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika sebelumnya peserta didik hanya menjawab 2 model pertanyaan yaitu Essay dan Pilihan Ganda maka dengan Nearpod variasi pertanyaan dapat lebih beragam.

Semua Guru mempraktekkan dalam pembuatan konten dan aktivitas di Nearpod, dan di akhir sesi para peserta diminta menunjukkan hasil prakteknya dan mendemokan dalam melaksanakan proses pembelajaran termasuk jika peserta didik menggunakan smartphone. Salah satu yang ditekankan oleh fasilitator kepada Guru dalam menggunakan Nearpod adalah bahwa control pembelajaran tetap ada pada Guru dan peserta didik tidak dapat menggunakan konten dan aktivitas yang ada di Nearpod tanpa seijin Guru khususnya ketika proses pembelajaran dilakukan secara online. 

Dari hasil evaluasi yang dilakukan di akhir sesi didapati 86% dari peserta training menyampaikan bahwa aplikasi ini masih baru untuk mereka dan bermanfaat untuk digunakan di kelas mereka sedangkan sisanya sudah mengetahui aplikasi Nearpod tetapi dengan training ini terasa bermanfaat untuk mereka karena dapat lebih mengeksplorasi Nearpod untuk mereka gunakan dalam proses pembelajaran. Tentunya dengan pelatihan-pelatihan yang dilakukan seperti ini, Sokrates berharap dapat terus mengembangkan para Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat lebih bermakna.

Salam Guru Belajar, Berbagi dan Berkarya.   

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment