Teacher Professional Development (TPD) Merdeka Mengajar

26 July 2022 Articles, Edutech, News

Peningkatan kompetensi Guru saat ini menjadi perhatian dari sekolah khususnya dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan yang terus berubah dan berkembang khususnya dalam mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional pada tahun 2024 nanti sehingga memerlukan persiapan-persiapan yang matang dari sekolah. 

Apapun kurikulumnya tentunya yang menjadi ujung tombak dalam mengimplementasikan kurikulum adalah Guru. Sebagus apapun kurikulum tanpa didukung dengan kompetensi seorang Guru dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut maka hasilnya akan sia-sia dan hal tersebut terlihat jelas dari pengalaman pendidikan kita di tahun-tahun sebelumnya. Kurikulum berganti, materi bertambah tetapi metode pembelajaran masih tetap sama.

Merubah sebuah paradigma dalam dunia Pendidikan itu memang tidak mudah tetapi bukan hal yang mustahil untuk kita lakukan karena hal tersebut sudah merupakan sebuah keharusan demi Indonesia yang berubah dan siap menyambut perubahan dimasa yang akan datang. Untuk mempersiapkan Guru dalam menghadapi perubahan Sokrates turut berusaha untuk mengembangkan Guru melalui pelatihan yang kami sebut dengan Teacher Professional Development (TPD) Merdeka Mengajar. 

TPD Merdeka Belajar membantu para Guru dalam meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan khususnya dalam membuat materi yang sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini maupun dimasa yang akan datang. Dalam TPD Merdeka mengajar para Guru akan dilatih dalam membuat materi yang berkualitas dan dapat diakses oleh para peserta didik dengan cara yang lebih mudah sehingga memberikan manfaat yang lebih besar tidaknya generasi saat ini tetapi juga generasi yang datang. 

Sokrates percaya bahwa para Guru saat ini memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas akan materi ajar yang diampu dan tentunya ingin membagi ilmu yang dimiliki kepada peserta didik secara lebih luas tetapi belum semua Guru dapat menemukan akses untuk dapat membagi ilmu yang dimiliki. Melalui TPD Merdeka Mengajar diharapkan para Guru memiliki kemampuan dalam mendesain materi secara digital (Digital Content) untuk dapat di share baik ke peserta didiknya maupun ke peserta didik secara lebih luas dengan bantuan teknologi yang ada saat ini. 

Dengan persetujuan dari sekolah, Sokrates akan membantu para Guru dalam memasarkan konten digital yang dimiliki oleh Guru melalui kerjasama dengan marketplace yang bekerjasama dengan sokrates sehingga materi yang dibuat oleh Guru dapat diterima secara lebih luas. Dalam TPD Merdeka Mengajar para Guru akan dilatih untuk membuat konten digital yang sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini sehingga dapat diterima dengan lebih luas.

Kehadiran TPD Merdeka Mengajar ini, diharapkan dapat membantu sekolah dalam menyiapkan Guru-Guru yang siap dalam membuat materi-materi ajar sesuai dengan perkembangan dunia kedepannya dan mencetak Guru-Guru pioneer untuk dapat membantu Guru-Guru lain dalam menghasilkan konten digital yang memberikan nilai baru untuk Gurunya maupun ke peserta didik secara lebih luas.

Salam Merdeka Mengajar.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment