EduWebinar “Menyingkap Kecerdasan Buatan dan Etika Berinternet di Era Digital”

02 February 2024 Articles

EduWebinar Sokrates Student Community in Digital Literacy (SCOMDIG)

“Menyingkap Kecerdasan Buatan dan Etika Berinternet di Era Digital”

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, Sokrates Student Community in Digital Literacy (SCOMDIG) menyelenggarakan EduWebinar dengan topik kecerdasan buatan (AI) dan etika berinternet. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi sekolah mitra Sokrates dari berbagai kota di Indonesia melalui online zoom

EduWebinar kali ini menghadirkan narasumber Dr. Derwin Suhartono. Beliau adalah salah satu dosen di BINUS dan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Komputer serta Kepala Program Kecerdasan Buatan (AI).

ChatGPT merupakan bagian kecil dari AI namun memiliki fungsi yang luar biasa, seperti mampu menjawab pertanyaan yang kita butuhkan. Cara kerja AI dan manusia sama, hanya bedanya AI adalah mesin. AI juga belajar, dan belajarnya dari banyak sumber untuk mencapai tingkat kecerdasan yang bervariasi (Degree of smartness varies). Salah satu contoh referensi untuk AI dapat dilihat pada link berikut ini: https://www.artificialintelligence-news.com/

Selain mendapatkan pengetahuan, semua peserta mendapatkan e-Certificate atas kehadiran mereka. Tiga peserta paling aktif yaitu Jenica A.K – SD Budi Utama Yogya, Samuel R. C – SMP Bellarminus Jakarta dan Margareth S – SMA Stella Duce Yogya, diberikan e-Wallet sebagai apresiasi atas partisipasi mereka.

Menjadi bagian dari komunitas SCOMDIG berarti menjadi bagian dari lingkungan yang penuh pengetahuan dan pengalaman seru di dunia digital. Bagi siswa-siswi mitra Sokrates yang ingin terlibat dalam komunitas SCOMDIG, caranya sangat mudah yaitu:

  • Cek informasi lebih lanjut melalui aplikasi Sokrates SupperApp
  • Kunjungi website resmi Sokrates di: https://sokrates.id
  • Ikuti akun Instagram di @sokrates_binus
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA Sokrates Helpdesk: +62 895-2003-2129.

Ringkasan video kegiatan dapat dilihat pada link: https://youtu.be/qzc7Uzi9Px4

 

 

 

Irke Jerfi

Add Comment