Class Dojo, Guru Menilai Perilaku Siswa Hanya Dengan Satu Jari

26 April 2019 Articles, Edutech

Banyaknya hal administrasi yang harus dikerjakan oleh guru menyebabkan terbatasnya waktu untuk berkolaborasi, berkomunikasi serta mengamati perilaku para siswa pada saat ini. Sedangkan capaian pendidikan salah satunya adalah membentuk karakter siswa yang berkualitas yang ditunjukan dengan sikap yang baik, mandiri, tangguh serta bertanggung jawab.

Tentu ini menjadi tanggung jawab moril bagi para guru terlebih penilaian guru terhadap siswa paling tidak harus dilakukan selama 6 bulan (satu semester). Bagaimana kiranya para guru untuk menyikapi kondisi tersebut?, Class Dojo dapat menjadi alternatif solusi dalam menghadapi hal tersebut.

CLASS DOJO, merupakan aplikasi yang dapat membantu pendidik untuk memonitor perilaku siswa secara digital. Aplikasi ini juga memungkinkan pendidik untuk memotivasi siswa agar dapat menumbuhkan sikap positifnya.

Guru dapat menchallenge siswa melalui pertanyaan dan latihan-latihan. Respon dari siswa akan secara otomatis disusun oleh sistem Class Dojo yang kemudian ditampilkan dalam bentuk perilaku/sikap. Akan terlihat siswa yang menampilkan sikap baik/tidak, pekerja keras/tidak, dapat bekerja dalam kelompok/tidak dan lain sebagainya.

Guru dapat memberikan poin reward atau punishment pada setiap perilaku yang dimunculkan oleh siswa.Aplikasi ini juga dapat dapat membantu orang tua untuk memonitor anak melalui portfolio pada setiap aktifitas yang diikuti olehnya.

Bagi siswa sendiri aplikasi ini memberikan kesempatan untuk lebih dapat berekspresi melalui berbagai aktifitas yang diikutinya, mulai dari share hasil pekerjaan, momen foto/video, dan lain sebagainya.

Penggunaan Class Dojo sangat mudah, Guru tinggal melakukan registrasi kemudian selanjutnya mengisi classroom melalui kegiatan yang ingin dilakukan dan kemudian memasukan data-data siswa yang ingin dilibatkan.

Add Comment

  • Eldina

    Eldina

    31 January 2023
    I want to reactivate ClassDojo