Pentingnya Kasih Guru Selama PJJ

06 January 2021 Articles, Edutech, News

Pembelajaran jarak jauh (PJJ)  hingga saat ini masih dilakukan oleh sekolah karena kondisi pandemi yang belum mereda. Selama proses PJJ berlangsung banyak sekali pengalaman-pengalaman baru yang didapatkan oleh pendidik dan peserta didik yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Para pendidik berusaha untuk belajar dan berlatih keterampilan baru dalam melakukan proses pembelajaran dan peserta didik belajar bagimana menggunakan teknologi untuk belajar sehingga mereka tetap dapat mengikuti proses pembelajaran walaupun dilakukan secara jarak jauh.

Dari pengamatan penulis ada hal yang perlu mendapatkan perhatian dari para pendidik selama melakukan PJJ yaitu kasih guru berupa sentuhan sebagai pendidik, yang mungkin selama PJJ berlangsung kurang mereka sadari.

Dalam PJJ, para pendidik tidak harus terus terfokus pada teknologi canggih yang digunakan tetapi bagaimana pendidik juga perlu memberikan sentuhan kepada peserta didik supaya mereka termotivasi, semangat, rajin, dan sehat selalu dalam melalukan proses pembelajaran di saat pandemi saat ini.

Terkadang penulis berharap pada situasi saat ini ada sebuah teknologi yang muncul yang dapat menggambarkan kondisi peserta didik ketika melakukan video conference dengan peserta didiknya. Apakah sedang gembira, galau, sedih atau kondisi lain sehingga pendidik dapat mengetahui dan dapat mengambil tindakan untuk dapat segera menangani kondisi peserta didik mereka sehingga walaupun proses pembelajaran berlangsung secara jarak jauh tetapi peserta didik tetap merasakan sentuhan langsung dari pendidik mereka secara personal seperti layaknya mereka sedang ada di kelas.

Mungkin saat ini teknologi tersebut belum ada ataupun jika ada belum seperti yang penulis harapkan, karena itu para pendidik perlu melakukan terobosan-terobosan baru untuk dapat melakukan hal yang sama.

Selama ini ada beberapa pendidik yang sudah melakukan langkah-langkah untuk menangani hal tersebut, salah satunya dengan melakukan kunjungan secara langsung ke rumah-rumah peserta didiknya baik perorangan maupun perkelompok tetapi tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan secara terus-menerus karena pendidik perlu juga menjaga untuk interaksi langsung dengan peserta didiknya.

Mungkin salah satu yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah dengan berdiskusi secara langsung dengan peserta didiknya, misalkan Guru melakukan video conference secara langsung dengan peserta didiknya secara one on one walaupun singkat namun tidak menyinggung mengenai materi pembelajaran. Hal tersebut akan dapat memberikan sentuhan lebih dekat dengan peserta didiknya karena dia akan merasakan bahwa Gurunya memperhatikan secara lebih personal dan telah mendatangkan energi positif.

Tentunya masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk memberikan sentuhan bagi peserta didik kita supaya mereka dapat lebih semangat dan termotivasi dalam melaksanakan proses pembelajaran meskipun dilakukan secara jarak jauh. Kita semua berharap pendemi ini tidak menghalangi kita untuk terus belajar tetapi lebih mendorong kita untuk lebih semangat untuk merdeka belajar.

Salam Merdeka Belajar

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment