Podcast Sebagai Media Pembelajaran

21 April 2021 Articles, Edutech, News

Di era digital ini, kemajuan teknologi juga membawa dampak dalam perkembangan teknologi pendidikan yang bertujuan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik, tentunya hal ini akan memacu motivasi para pendidik untuk mengelola proses pembelajaran dengan baik terlebih disaat pandemi Covid 19 ini dimana pendidik dituntut untuk melakukan hal yang terbaik dalam setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan.

Salah satu media yang dapat digunakan oleh para pendidik saat ini adalah Podcast atau saat ini berkembang menjadi Video Podcast. Podcast sendiri merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai dan berbeda dengan radio yang disiarkan melalui frekuensi, Podcast dapat kita dengarkan kapanpun melalui internet.

Saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan Podcast sebagai salah satu media untuk saling berbagi macam hal kepada orang banyak melalui internet dan di Indonesia sendiri juga sudah mulai berkembang dengan banyaknya bermunculan video-video Podcast, jadi tidak hanya menampilkan audio saja tetapi juga melalui video sehingga dapat membuat Podcast dapat lebih menarik.

Hal ini dapat diadopsi oleh para pendidik dalam menyampaikan materinya karena pada platform Podcast sendiri diisi dengan beragam tema dan para pendidik bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mengusung tema sesuai dengan materi yang diajarkan dan pastinya apa yang disampaikan oleh pendidik dalam Podcastnya dapat juga dinikmati oleh lebih banyak peserta didik dan bukan hanya kelas yang diajar saja tetapi dapat lebih luas karena pada dasarnya kelas di era digital bukan lagi kelas yang dibatasi oleh tembok tetapi dunia ini yang menjadi kelas kita sehingga peserta didik yang diajarpun bukan hanya yang dikelas saja tetapi siswa yang diseluruh dunia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik dalam pembuatan Podcast :

  1. Buat tema materi semenarik mungkin. Peserta didik akan lebih tertarik untuk mendengarkan Podcast yang kita buat.
  2. Gunakan mikropon yang terpisah. Hindari menggunakan mikrofon built-in di komputer atau di laptop supaya hasilnya dapat lebih bagus karena bagaimanapun salah satu nilai jual dari Podcast adalah suara sehingga suara yang diproduksi tentunya harus bagus. Pendidik juga dapat menggunakan alat tambahan seperti soundcard untuk membuat suara lebih bagus.
  3. Pastikan suara atau audio bagus. Pendidik juga dapat menggunakan aplikasi oleh suara seperti audacity, reaper, wavepad audio editor, dan aplikasi lain yang dapat mendukung editing suara menjadi lebih bagus.
  4. Durasi jangan terlalu lama. Disarankan sekitar 10 menit supaya peserta didik tidak merasa jenuh dalam mendengar Podcast kita.
  5. Kombinasikan dengan video. Hal ini dapat membuat Podcast akan lebih menarik bagi peserta didik karena ada kecenderungan jika seseorang dapat melihat wajah dari orang yang berbicara akan lebih mudah dalam memunculkan empati terhadap materi yang kita ajarkan.
  6. Kolaborasi dengan pendidik lain. Podcast akan menarik jika kita dapat lakukan dengan berkolaborasi dengan pendidik lain misalkan dalam sebuah Podcast pendidik mata pelajaran Matematika berkolaborasi dengan Guru Seni Musik. Tentunya ini akan menjadi sesuatu yang menarik karena masing-masing Guru akan mencoba saling mengaitkan materi musik dengan Matematika sesuai dengan sisi pandang ilmu yang mereka kuasai dan tentunya akan lebih cepat dalam menambahkan wawasan dan pengetahuan dari peserta didiknya.

Ada banyak media yang dapat kita gunakan dalam proses pembelajaran, tinggal para pendidik dapat mengelola media tersebut untuk dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik bagi peserta didiknya sehingga proses pembelajarannya dapat lebih menarik dan menyenangkan.

Salam Merdeka Belajar..

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment