Tetap Semangat Generasi Pengganti Indonesia

23 July 2021 Articles, Edutech, News

Tahun ini menjadi tahun ke-2 kita memperingati Hari Anak Nasional di tengah pandemi Covid 19 yang entah kapan akan berakhir dan anak turut menjadi bagian yang merasakan dampaknya secara langsung. Anak tidak dapat masuk ke lingkungan sekolah, harus belajar di rumah melalui layar, tidak bisa menikmati liburan ke luar kota, merayakan euforia hari raya dan aktivitas-aktivitas lainnya diluar rumah.

Kita dapat membayangkan betapa bosannya mereka. Betapa rindunya bermain dan belajar bersama teman-teman. Kejenuhan semakin memburu mereka bahkan sampai ada yang mengalami stress dengan banyaknya tugas yang menumpuk dari para gurunya.

Namun apapun kondisinya sudah seyogianya tidak boleh mengorbankan anak. Anak adalah generasi pengganti, pendidikan mereka tidak boleh terhenti walaupun dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Orangtua dan guru harus menjadi penghibur bagi anak. Semua pihak harus bergotong royong untuk agar anak tidak kehilangan semangat belajar.

Untuk para orangtua. Mari berikan waktu lebih untuk bermain bersama anak, ajarkan hal-hal kreatif dirumah, berikan tantangan-tantangan baru melalui berbagai kegiatan dirumah dan pastikan mereka selalu sehat dalam segala aktivitasnya.

Untuk para pendidik dan pemerintah. Pastikan anak-anak memiliki kualitas pembelajaran yang sama layaknya seperti mereka tatap muka, bukakan akses untuk belajar yang mudah dan merata hingga keseluruh pelosok negeri, selalu pikirkan pola pendidikan baru untuk menghadapi tantangan yang akan datang.

Untuk anak-anak para generasi pengganti:

  • Sadari kalian sudah dipintu pendidikan masa depan. Mulailah belajar dengan cara dan gaya yang berbeda karena masa depan kalian akan jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.
  • Perubahan kedepan lebih tidak terduga dan akan lebih cepat karena itu teruslah belajar dan membiasakan diri untuk menghadapi perubahan.
  • Camkanlah dalam diri, belajar bukan hanya kewajiban tetapi mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan di masa depan.
  • Tetaplah berkreasi dan jangan biarkan pandemi membatasi.
  • Selalu ingat untuk berdoa karena segala sesuatu di bumi ini akan seturut kehendak-Nya.

Anak adalah sosok yang unik dan pewaris negeri yang akan bertahta dengan tantangan dan peluang baru. Oleh karena itu kita selalu memperingati Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli walaupun di 2 tahun ini tidak dirayakan dengan euforia yang luar biasa seperti tahun-tahun sebelumnya dan selalu dihadiri oleh Presiden, namun demikian janganlah menghilangkan kebermaknaan dari peringatan hari anak itu sendiri.

Hari ini,mari kita peringati Hari Anak Nasional dengan berpikir dan berkontribusi untuk memberikan sesuatu yang berbeda untuk anak-anak Indonesia sesuatu yang unik seperti layaknya seorang anak.

Selamat Hari Anak Nasional.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment