Pelatihan Nearpod Untuk Guru SD Pangudi Luhur Bernardus Deltamas

30 March 2022 Articles, Edutech, News

Sekolah Pangudi Luhur Bernardus Delta Mas merupakan salah satu mitra Sokrates yang telah lama menjalankan beberapa program kerjasama salah satunya adalah pengembangan Guru. Para Guru sering diberikan pelatihan tentang pemanfaatan suatu aplikasi yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat lebih kaya dan bervariasi.

Pelatihan yang baru saja berlangsung pada 8 Maret 2022 yang lalu adalah penggunaan aplikasi Nearpod dalam proses pembelajaran kepada Guru-Guru di Sekolah Dasar. 

Pelatihan berlangsung secara online karena belum dimungkinkannya tatap muka mengingat situasi Pandemi Covid 19. Diawal pelatihan Fasilitator memberikan gambaran aplikasi Nearpod untuk membantu proses pembelajaran.

Selanjutnya para peserta mempraktekkan pengunaan aplikasi tersebut. Fasilitator memberikan langkah-langkah dalam membuat konten dan aktivitas pada Nearpod. Dimulai dengan membuat slides, memasukkan video termasuk dalam menginput soal pada video, menginput link sebuah website untuk memperkaya materi, Nearpod 3D, Phet Simulation, VR FieldTrip, BBC Video, mengintegrasikan SWAY yang merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang dapat diintegrasikan pada Nearpod, membuat slideshow, menginput audio dan file dalam bentuk PDF yang digunakan untuk mengakomodasi anak yang suka membaca. 

Dengan menggunakan Nearpod diharapkan dapat memberikan visual konten digital yang lebih bervariasi dan menyenangkan untuk peserta didik.

Pada konten 3D dan Phet Simulation terlihat peserta paling antusias karena kedua bagian tersebut membuat proses pembelajaran dapat berjalan lebih riil dan akan lebih menyenangkan untuk para peserta didik.” 

Setelah selesai dengan konten dilanjutkan dengan membuat aktivitas seperti membuat kuis yang mirip dengan Gamification melalui menu Time to Climb, membuat pertanyaan essay termasuk didalamnya menggunakan gambar sehingga dapat memperjelas soal yang dibuat oleh Guru, membuat soal menjodohkan, membuat Kuis, mengintegrasikan dengan Flip Grid, Draw It, membuat Collaborate Board dimana para peserta didik dapat saling berkolaborasi menggunakan tools ini, membuat pooling yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi apakah materi yang disampaikan oleh Guru sudah benar-benar dipahami oleh peserta didik atau belum, mengisi kata-kata yang hilang (fill the blanks), dan juga memory test dalam hal ini melatih daya ingat anak. 

Menariknya dalam aktivitas di Nearpod ini adalah Guru dalam membuat soal atau kuis dapat menggabungkan antara tulisan dan gambar jadi tidak hanya tulisan saja seperti soal pada umumnya sehingga lebih menarik untuk peserta didik dalam belajar khususnya untuk anak-anak di tingkat kelas kecil.

Ada sekitar 16 tools yang disampaikan oleh Fasilitator pada pelatihan ini sehingga benar-benar memperkaya materi Guru kepada peserta didik dan tentunya proses pembelajaran dapat lebih menyenangkan. Disamping itu dengan menggunakan aplikasi ini para Guru juga mempermudah jika proses pembelajaran dilakukan secara online karena Nearpod sendiri telah terintegrasi dengan Zoom dan yang kita ketahui Zoom banyak digunakan dalam menunjang proses pembelajaran secara online. 

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Sokrates, 97% peserta menyampaikan bahwa yang dipelajari adalah merupakan hal baru, dan Kepala sekolah SD Pangudi Luhur Bernardus Delta Mas, Bernadeta Erawati berharap yang telah dipelajari dapat digunakan dalam proses pembelajaran kedepan.

Salam Guru Berbagi, Guru Belajar, Guru Berkarya.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment