Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Memanfaatkan Sosial Media

26 July 2022 Articles, Edutech, News

Di masa pembelajaran jarak jauh yang lalu tidak kita pungkiri bahwa hasil kerja siswa sebagian besar jarang sekali terlihat hingga menjadikan minimnya apresiasi dari apa yang sudah dikerjakan oleh peserta didik. Hal lain yang dirasakan oleh peserta didik yaitu mereka merasa pembelajaran menjadi bosan dan tidak ada sesuatu yang menarik atau apresiasi dari gurunya terkait hasil karya yang mereka buat.

“Ibu Anggraeni Saputri (Bu Putri) adalah seorang Guru dari Sekolah SD Pangudi Luhur Bernadus Deltamas yang bertugas mengajar TIK dengan kurikulum SD Computational Thinking & Edexcel dari Sokrates”

ingin ada sesuatu yang membuat peserta didik merasa bisa lebih diapresiasi dan ada hal-hal menarik terkait tugas yang diberikan ke peserta didik. Akhirnya Bu Putri ingin mencoba melakukan apresiasi terhadap hasil karya siswanya dengan cara melakukan posting di sosial media pribadinya. Bu Putri berecana akan melakukan posting di Story Instagram (IG) nya dengan mengumumkan desain terbaik dari projek yang dikerjakan siswanya. Hal ini dilakukan Bu Putri agar anak lebih giat belajar guru dan senang dengan tugas yang diberikan. Serta menjadi salah satu cara agar Bu Putri tetap bisa memberikan apresiasi kepada siswanya.

Gambar 1: Contoh desain yang pernah diposting di Story IG untuk kelas 4A

Adapun cara yang Bu Putri lakukan untuk bisa melakukan posting hasil terbaik siswanya adalah sebagai berikut:

  1. Bu Putri akan menggunakan akun pribadinya sebagai wadah untuk publikasi hasil karya siswa (yang kedapannya akan menggunakan akun khusus).
  2. Bu Putri melakukan briefing kepada siswa terkait akun tersebut dan caranya agar hasil karya mereka bisa di-posting.
  3. Bu Putri juga memberikan arahan untuk tidak berkecil hati jika tidak terpilih agar semangat siswa tidak turun jika tidak terpilih.
  4. Pada saat pemilihan hasil karya, Bu Putri akan melihat kesesuaian tugas dengan yang diminta.
  5. Bu Putri juga meminta hasil karya yang dibuat harus dengan format video.
  6. Setelah file didapat oleh Bu Putri, maka selanjutnya Bu Putri akan membuat desain dengan menggunakan Canva dimana didalam desain itu akan ada hasil karya yang sudah dipilih.
  7. Selanjutnya barulah Bu Putri akan melakukan posting di IG

Gambar 2: Contoh desain yang pernah diposting di Story IG untuk kelas 4B

Dalam melakukan proses ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Bu Putri seperti ide untuk bentuk desain announcement sedikit terbatas, namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan brainstorming di Google sebagai bahan referensi.

Setelah melakukan posting ini ternyata para siswa-siswi di kelas Bu Putri sangat antusias dengan tugas-tugas yang diberikan hingga ada yang dengan senang hati menunggu waktu publishnya di IG dan bahkan beberapa siswa ada yang meminta orang tuanya mem-follow akun IG Bu Putri. Siswa-siswi yang diajar Bu Putri kini selalu meminta untuk diberikan tugas agar hasil mereka bisa di-posting.

Benefit lainnya dari metode publikasi hasil karya di sosial media ini adalah dikarenakan IG ini merupakan sosial media, maka dengan mudah para orang tua, sekolah, peserta didik ataupun publik bisa melihat prestasi dan hasil yang dikerjakan oleh siswa tersebut. Secara tidak langsung juga akan meningkatkan citra dari berbagai kalangan.

Ahmad Syauqi Jalaluddin

Add Comment