Belajar Menyenangkan Dengan Robotika 

03 January 2023 Articles, Edutech, News

Kata Robot tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena kata ini sejak puluhan tahun lalu juga sudah ada bahkan di zaman modern saat ini sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot yang tentu saja membantu tugas manusia seperti mengangkat beban yang berat, menjadi pelayan restoran dan pada saat Covid 19 yang lalu robot menjadi sebuah pilihan untuk membantu para tenaga kesehatan dalam merawat pasien yang terpapar Covid 19 seperti mengantar makanan, menyemprotkan disinfektan dan lain sebagainya.  

Robot sendiri juga sudah mulai merambah ke seluruh sisi kehidupan manusia modern saat ini bahkan ada beberapa prediksi yang menyatakan bahwa di masa yang akan datang, robot akan menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia bahkan lebih penting dari smartphone yang kita genggam saat ini. Dunia Pendidikan sendiri juga sudah tidak asing dengan yang namanya robot bahkan saat ini sudah banyak perguruan tinggi di dunia ini yang mengarah pada pendidikan robotika dengan harapan dapat bermanfaat untuk mempersiapkan manusia dalam menghadapi industri yang akan semakin berkembang.  

Dalam proses pembelajaran sendiri ternyata robot dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menyampaikan materi ajar kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan termasuk di dalamnya pendidikan karakter. Beberapa bulan ini penulis merasa tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai robotika dan darisana lebih melihat bahwa dunia robot semakin berkembang dan semakin diarahkan untuk membantu peserta didik untuk belajar. Dalam perkembangannya juga tidak semua robot harus terhubung dengan komputer tetapi ada juga yang tanpa komputer, jadi ini lebih aman dan lebih mudah untuk dipelajari oleh anak-anak.  

Peserta didik jika ingin menggerakkan robotnya tidak perlu harus melakukan koding seperti robot pada umumnya tetapi cukup dengan scan dengan kartu yang disediakan lalu menempatkan robot di jalur yang sudah disediakan dan selanjutnya robot akan berjalan sesuai arah gerakan pertama di scan.  

Lalu apa yang akan dipelajari anak-anak disana?  

  1. Mereka akan belajar merakit robot yang secara tidak langsung akan mengasah kreatifitas mereka, dimana mereka akan berusaha untuk membuat bentuk robot yang berbeda dengan teman-temanya sesuai dengan tingkat kreatifitas dari peserta didik.  
  2. Belajar meningkatkan logic mereka karena tentunya mereka akan berpikir untuk menggerakkan robot sesuai dengan keinginan mereka  
  3. Belajar koding sederhana. Dengan robot ini para peserta didik juga akan belajar mengenal koding secara sederhana dan mudah tetapi akan berdampak pada logic anak-anak 
  4. Pendidikan karakter. Dengan robot juga kita bisa mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik kita. Salah satu contohnya, jika kita minta peserta didik membuat Gerakan robot sesuai dengan denah rumah dimana robot tersebut harus berhenti diposisi yang telah ditentukan seperti toilet sedangkan sebelum menuju dia harus melewati ruang tamu yang kebetulan sedang ada tamu duduk dan di dapur sedang ada orang sedang memasak. Apa yang harus dilakukan dan gerakan seperti apa yang akan dilakukan oleh robot tersebut? Dengan cara ini para pendidik akan lebih mudah dalam menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didiknya.  

Di tingkat level yang lebih tinggi lagi kita dapat mengajarkan hal yang lebih banyak lagi seperti belajar dengan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dengan menggunakan robot akan lebih mudah dalam mengimplementasikan metode ini dan yang pasti akan lebih menyenangkan untuk peserta didik kita.

Salam Merdeka Belajar. 

  

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment