Perlukah Anak Belajar Coding Sejak Dini? 

14 February 2023 Articles, Edutech, News

Salah satu dampak dari perkembangan dunia teknologi yang akan sangat dirasakan oleh anak-anak kedepannya adalah semakin bertumbuhnya lapangan pekerjaan baru dan semakin banyak pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh mesin khususnya pekerjaan yang dilakukan di era industri 3.0. Dengan perubahan tersebut tentunya perlu menyiapkan generasi yang ungul dan siap dalam menghadapi perubahan tersebut, jangan sampai anak-anak hanya menjadi penonton di negerinya sendiri dan membiarkan tenaga asing untuk melakukan pekerjaan yang akan bermunculan karena ketidaksiapan menghadapi perubahan yang ada.  

Saat ini banyak prediksi yang bermunculan mengenai jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh generasi yang akan datang dan sebagian besar memang mengarah pada pekerjaan yang berbasis dunia digital seperti Data Analyst and Scientists, Artificial Intelligence and Machine Learning Specialist, Big Data Specialists dan pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan dunia digital.

Lalu apa yang harus kita persiapkan untuk anak-anak kita? Salah satu yang tentunya kita lakukan adalah dengan dengan belajar coding. Secara sederhana, coding dapat diartikan sebagai sistem yang membantu kita berkomunikasi dengan komputer.  

Belajar coding sejak dini akan memberikan keuntungan bagi seorang anak diantaranya:  

  1. Mengasah kemampuan menyelesaikan masalah. Dalam belajar coding, anak-anak akan diminta untuk menyelesaikan beberapa masalah dengan pola yang terstuktur seperti memecah masalah besar menjadi bagian-bagian kecil sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan solusi dari masalah yang akan dipecahkan oleh peserta didik.  
  2. Meningkatkan kreativitas anak. Dalam proses belajar dengan coding akan didorong untuk melakukan berbagai eksperimen untuk menyelesaikan masalah yang akan dipecahkan. Semakin banyak mereka melakukan eksperimen maka secara tidak langsung mereka akan semakin kreatif khususnya dalam memecahkan masalah yang dihadapi dan hal ini merupakan salah satu softskill yang perlu dikuasai oleh seorang anak dimasa yang akan datang.  
  3. Lebih siap dalam menghadapi karier dimasa depan. Di masa yang akan datang akan banyak sekali bermunculan pekerjaan atau profesi-profesi baru yang berkaitan dengan dunia teknologi digital dan anak-anak yang memiliki kemampuan dalam bidang coding akan lebih siap dalam memasuki profesi atau pekerjaan baru yang akan muncul di masa mereka berada di tengah-tengah masyarakat.  
  4. Menciptakan inovasi baru. Dengan menguasai coding, anak-anak akan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat seperti yang sudah kita rasakan saat ini seperti moda transportasi online, online shop, dan lain-lain dengan kemampuan coding yang mereka kuasai dan tekuni bukan tidak mungkin mereka akan menjadi inovator-inovator baru di negeri ini.  
  5. Melatih anak menjadi orang yang gigih. Dalam belajar coding tentunya tidak semua akan langsung berhasil, disaat tertentu mereka akan menemukan kegagalan dan tentunya mereka akan belajar bagaimana mereka menghadapi kegagalan dan bangkit dari kegagalan tersebut, sehingga jika mereka dewasa akan menjadi manusia yang tidak mudah putus asa dalam menghadapi sebuah kegagalan. 

Sokrates sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan tentunya sangat memperhatikan hal tersebut sehingga melalui program-program yang dimiliki seperti informatika dan robotika akan membantu anak untuk belajar coding dengan cara yang mudah dan menyenangkan karena dengan kemajuan teknologi saat ini, belajar coding bukan lagi hal yang sulit dan rumit tetapi menyenangkan.

Salam Merdeka Belajar.    

 

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment

  • Renata

    Renata

    23 October 2023
    Tidak bisa masuk sokrates