Penerapan SCAMPER dalam Mendukung Pembelajaran HOTS

13 November 2019 Articles, Edutech, News

Ada beragam metode yang dapat digunakan oleh Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), salah satunya dengan menggunakan metode SCAMPER.

Dengan metode ini, peserta didik akan dilatih untuk berpikir secara HOTS sehingga proses pembelajaran dapat lebih bermakna. Metode ini merupakah salah satu bagian dari Smart Thinking yang digunakan dalam proses pembelajaran HOTS.

SCAMPER (Substitute, Combine, Adapt, Modify (also magnify and minify), Put to another use, Eliminate, and Rearrange). Latihan menggunakan SCAMPER dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pilihlah salah satu produk atau layanan yang sudah ada. Ini bisa berupa produk, layanan, atau ide yang sudah ada. Anda ingin meningkatkan atau yang bisa menjadi titik awal yang bagus untuk pengembangan di masa depan. Misalkan, kita akan mengambil contoh kasus sebuah perusahaan yang sudah lama eksis. Seandainya Anda diminta menjadi CEO dari perusahaan tersebut, apakah yang akan Anda lakukan supaya perusahaan tersebut dapat bertahan dari ketatnya persaingan usaha dan munculnya bisnis yang sejenis?.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan daftar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari ketujuh elemen tersebut untuk menemukan solusi yang terbaik.
  3. Terapkan pertanyaan ke nilai, manfaat, layanan, atribut produk, harga, pasar dan pada dasarnya segala aspek terkait lainnya yang mungkin dapat anda pikirkan yang memiliki relevansi untuk kebutuhan ide Anda.
  4. Lihatlah jawaban yang Anda temukan. Apakah ada jawaban yang menonjol sebagai solusi yang layak? Bisakah Anda menggunakan salah satu dari mereka untuk membuat produk baru, atau mengembangkan yang sudah ada?.
  5. Ambil ide-ide bagus dan explore lebih lanjut.

Secara keseluruhan, pertanyaan untuk dipikirkan di sini adalah ini: Apa yang dapat saya ganti atau ubah dalam produk saya, masalah atau proses?. Anda harus memikirkan untuk mengganti bagian dari produk atau proses Anda dengan sesuatu yang lain atau baru.

Pertanyaan Panduan :

  • Apa yang bisa saya ganti untuk melakukan perbaikan?
  • Bagaimana saya bisa mengganti tempat, waktu, bahan atau orang?
  • Bisakah saya mengganti satu bagian dengan yang lain atau mengubah bagian mana saja?
  • Bisakah saya mengganti seseorang yang terlibat?
  • Bisakah saya mengubah aturan?
  • Haruskah saya mengubah nama?
  • Bisakah saya menggunakan bahan atau bahan lain?
  • Bisakah saya menggunakan proses atau prosedur lain?
  • Bisakah saya mengubah bentuk, warna, kekasaran, suara atau bau?
  • Bisakah saya menggunakan ide ini untuk proyek lain?
  • Bisakah saya mengubah perasaan atau sikap saya terhadapnya?

Combine

Pertanyaan keseluruhan untuk dipikirkan di sini adalah: Bagaimana saya bisa menggabungkan dua atau lebih bagian dari produk saya, masalah, atau proses untuk mencapai produk, atau proses yang berbeda untuk meningkatkan sinergi? Pemikiran kreatif melibatkan penggabungan ide, produk, atau layanan yang sebelumnya tidak terkait untuk buat sesuatu yang baru dan inovatif.

Pertanyaan Panduan :

  • Gagasan, bahan, fitur, proses, orang, produk, atau komponen apa yang dapat saya gabungkan?
  • Bisakah saya menggabungkan atau menggabungkan ini atau itu dengan objek lain?
  • Apa yang bisa saya kombinasikan untuk memaksimalkan jumlah penggunaan?
  • Apa yang dapat saya gabungkan untuk menurunkan biaya produksi?
  • Materi apa yang bisa saya kombinasikan?
  • Di mana saya bisa membangun sinergi?
  • Elemen mana yang terbaik yang bisa saya satukan untuk mencapai hasil tertentu?

Adapt

Secara keseluruhan, pertanyaan yang perlu Anda pikirkan adalah: Apa yang bisa saya sesuaikan dengan produk, masalah, atau proses? Pikirkan bagian mana dari produk atau proses yang akan Anda adaptasi untuk menyelesaikannya masalah.

Pertanyaan Panduan :

  • Bagian mana dari produk yang bisa saya ubah?
  • Bisakah saya mengubah karakteristik komponen?
  • Dapatkah saya mencari inspirasi dalam produk atau proses lain, tetapi dalam konteks yang berbeda?
  • Apakah sejarah menawarkan solusi?
  • Gagasan mana yang dapat saya adaptasikan, salin, atau pinjam dari produk orang lain?
  • Proses apa yang harus saya adaptasi?
  • Bisakah saya menyesuaikan konteks atau kelompok sasaran?
  • Apa yang bisa saya adaptasi dengan cara ini atau itu untuk mendapatkan hasil ini?

Modify

Secara keseluruhan, pertanyaan yang perlu Anda fokuskan adalah ini: Apa yang bisa saya modifikasi atau beri penekanan lebih atau kurang aktif dalam produk, masalah, atau proses saya?. Bisakah saya mengubah item dengan cara tertentu? Bisakah saya mengubah arti, warna, gerak, suara, bau, atau bentuk?. Saatnya memperbesar atau membesar-besarkan ide, produk, masalah, atau prose atau untuk memperkecilnya. Pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi Anda wawasan baru tentang komponen yang paling penting. Pikirkan tentang mengubah sebagian atau semua situasi saat ini atau produk atau ubah produk dengan cara yang tidak biasa.

Pertanyaan Panduan :

  • Apa yang bisa saya perbesar atau membuat yang lebih besar?
  • Apa yang dapat saya kurangi atau hapus?
  • Bisakah saya bisa melebihkan bagian-bagian tertentu seperti tombol, warna, ukuran?
  • Bisakah saya menumbuhkan/menambahkan kelompok sasaran?
  • Apa yang bisa dibuat lebih tinggi, lebih besar, atau lebih kuat?
  • Bisakah saya meningkatkan kecepatan atau frekuensinya?
  • Bisakah saya menambahkan fitur tambahan?
  • Bagaimana saya bisa menambah nilai tambahan?
  • Apa yang bisa Anda hapus atau buat lebih kecil, kental, lebih rendah, lebih pendek atau lebih ringan atau merampingkan, membagi atau mengecilkan?
  • Apa yang bisa saya ubah dengan cara ini?

Put to another use

Pertanyaan keseluruhan untuk dipertimbangkan di sini adalah Bagaimana saya bisa menggunakan benda itu untuk keperluan lain? Apa yang baru? Cara menggunakan produk atau layanan? Bisakah saya menjangkau pengguna lain jika saya telah memodifikasi produk? Pasar lain untuk produk? Saatnya untuk mengetahui bagaimana anda dapat menempatkan solusi yang anda temukan untuk produk atau ide untuk kegunaan dan tujuan lain.

Pertanyaan Panduan :

  • Apa lagi yang bisa digunakan untuk itu?
  • Bagaimana seorang anak menggunakannya?Orang yang lebih tua?
  • Bagaimana orang dengan disabilitas yang berbeda menggunakannya?
  • Kelompok sasaran mana yang dapat mengambil manfaat dari produk ini?
  • Pengguna jenis apa yang akan membutuhkan atau menginginkan produk saya?
  • Siapa atau apa lagi yang bisa menggunakannya?
  • Bisakah itu digunakan oleh orang lain selain yang semula dimaksudkan untuknya?
  • Apakah ada cara baru untuk menggunakannya dalam bentuk atau bentuk saat ini?
  • Apakah akan ada kegunaan lain yang mungkin jika saya memodifikasi produk?
  • Bagaimana saya bisa menggunakan kembali sesuatu dengan cara tertentu dengan melakukan hal itu?

Eliminate

Pertanyaan keseluruhan Anda untuk dipertimbangkan di sini adalah: Apa yang dapat saya hilangkan atau sederhanakan dalam produk, desain, atau layanan? Pikirkan apa yang mungkin terjadi jika Anda menghilangkan, menyederhanakan, mengurangi, atau meminimalkan bagian ide anda. Jika Anda terus memangkas ide, layanan, atau proses Anda. Anda dapat secara bertahap mempersempit tantangan Anda ke bagian atau fungsi yang paling penting.

Pertanyaan Panduan : 

  • Apa yang bisa saya hapus tanpa mengubah fungsinya?
  • Bisakah saya mengurangi waktu atau komponen?
  • Apa yang akan terjadi jika saya menghapus komponen atau bagian dari itu?
  • Bisakah saya mengurangi usaha?
  • Bisakah saya memotong biaya?
  • Bagaimana saya bisa menyederhanakannya?
  • Apa yang tidak penting atau tidak perlu?
  • Bisakah saya menghilangkan aturan?
  • Bisakah saya membuatnya lebih kecil?
  • Bisakah saya membagi produk saya menjadi beberapa bagian?
  • Saya bisa menghilangkan apa dengan melakukan apa?

Rearrange

Secara keseluruhan, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini: Bagaimana saya bisa mengubah, memesan ulang, atau membalikkan produk atau masalah? Apa yang akan saya lakukan jika saya harus melakukan proses ini secara terbalik?

Pertanyaan Panduan : 

  • Apa yang bisa saya atur ulang dengan cara tertentu – dapatkah saya menukar komponen, pola, atau tata letak?
  • Bisakah saya mengubah langkah atau jadwal?
  • Apa yang akan saya lakukan jika bagian dari masalah Anda, produk atau proses bekerja secara terbalik?
  • Saya bisa mengatur ulang apa apa sedemikian rupa sehingga hal ini terjadi?

Dengan menggunakan langkah-langkah ini, peserta didik akan berlatih untuk berpikir untuk menemukan solusi yang terbaik dari kasus yang diberikan oleh Guru. Sehingga jika dimasa depan mereka kelak ingin medirikan sebuah perusahaan ataupun ingin mengembangkan usaha mereka, mereka sudah mengetahui langkah-langkah apa yang harus mereka lakukan untuk menemukan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Pada intinya SCAMPER akan membantu peserta didik dalam menganalisis dan menciptakan hal baru. Hasil dari penerapan ini akan menjadi sebuah proposal perubahan dan dipresentasikan oleh peserta didik di depan kelas sehingga dapat saling belajar dalam memecahkan masalah. 

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment