Aplikasi e-Learning Moodle

23 May 2019 Articles, Edutech

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan aplikasi Learning Management System (LMS) berbasis open source yang dapat digunakan oleh guru sebagai digital classroom.

Metode belajar mengajar digital classroom memungkinkan guru dan siswa berinteraksi dimana pun dan kapan pun, artinya tidak membutuhkan kehadiran fisik di satu tempat secara bersamaan layaknya belajar mengajar konvensional. Yang jelas hanya membutuhkan smartphone, laptop yang terkoneksi internet.

Guru dapat membuat content pembelajaran baik dalam format text, gambar, animasi, video, link refensi yang dapat diakses oleh siswa untuk belajar. Tidak hanya itu saja guru juga dapat membuat assessment siswa melalui kuis atau latihan. Siswa tinggal merespon secara langsung pada fitur thread/forum bahasan atau meng-upload berkas tugas yang telah dikerjakan.

Selain fitur forum, Moodle juga dilengkapi fitur-fitur lainnya seperti fitur “chat guna memfasilitasi percakapan langsung antara guru dan siswa diwaktu yang bersamaan. Fitur “calendar” dimana guru dan siswa dapat mengecek agenda-agenda kedepannya misalnya kapan waktunya kuis, kapan deadline tugas, event, dsb.

Moodle juga dilengkapi dengan fitur custom theme, bahkan kita dapat membuat theme sesuai dengan yang kita inginkan. Ada beberapa theme yang cukup popular pada Moodle seperti: Lambda, Marble, TIKLI, Roshni, Nunforest.

Add Comment