Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar

27 January 2020 Articles, Edutech, News

Dalam melaksanakan proses pembelajaran seorang Guru harus memiliki panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran supaya berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun panduan tersebut dibuat dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Lesson Plan. Dalam perjalanannya RPP telah mengalami perubahaan dimana RPP versi lama dibuat secara detil tentang apa yang perlu Guru siapkan dan lakukan di kelas dengan belasan komponen yang tentunya membutuhkan berlembar-lembar kertas untuk sebuah RPP. Dapat dibayangkan jika Guru mengajar lebih dari 3 kelas dengan tingkat yang berbeda, berapa lembar RPP yang harus dibuat dan berapa lama waktu yang harus Guru sediakan dalam membuat RPP tersebut.

Namun kini Nadiem Makarim – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mensosialisasikan mengenai RPP 1 lembar, meskipun penulis sudah tidak asing mengenai RPP ini karena dalam beberapa pelatihan yang pernah diikuti melalui Lembaga Pendidikan Asing (LPA) hal ini sudah sering disinggung. RPP yang dilakukan oleh Guru Indonesia terlalu rumit dan cenderung hanya digunakan pada saat akreditasi bukan pada saat proses pembelajaran. Dengan adanya perubahan RPP ini diharapkan pola pikir para guru dalam melakukan proses pembelajaran juga dapat berubah.

RPP dengan 3 komponen yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian akan lebih mempermudah Guru dalam mengikuti RPP ini di dalam kelas. Pada kesempatan ini juga penulis ingin memberikan kontribusi dengan memberikan salah satu contoh RPP 1 lembar berdasarkan pelatihan yang pernah penulis ikuti. Silahkan download melalui link berikut ini : https://poltakbutarbutar.files.wordpress.com/2020/01/contoh-rpp-1-lembar-tecno.docx

Mengenai contoh┬áimplementasi┬áRPP 1 lembar ini dapat dilihat pada tulisan saya sebelumnya mengenai “Penggunaan PowerPoint Yang Efektif dalam Pembelajaran” (https://sokrates.id/2020/01/20/penggunaan-powerpoint-yang-efektif-dalam-pembelajaran/) meskipun dengan materi yang berbeda tetapi setidaknya ini dapat menjadi contoh dalam mengimplementasikan RPP 1 lembar dengan menggunakan aplikasi yang sangat populer di kalangan para Guru yaitu PowerPoint. Harapannya dengan perubahan RPP tentunya harus diikuti dengan perubahan implementasi RPP di dalam proses pembelajaran.

Salam Mendidik.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment