Selamat Datang Perubahan Pendidikan

05 May 2020 Articles, Edutech, News

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati setiap 2 Mei di tahun ini memang terasa berbeda, tidak ada upacara peringatan seperti yang dilakukan setiap tahunnya di sekolah maupun instansi pemerintahan dikarenakan negeri ini masih berjuang dalam menghadapi wabah Covid 19 di Nusantara ini sehingga upacara peringatan tidak dapat dilakukan di tahun 2020 ini.

Moment ini hendaknya membuat semua stakeholder dalam bidang pendidikan dapat memaknai hal ini sebagai salah satu moment perubahan dalam dunia pendidikan kita.

Di tahun-tahun yang akan datang kiranya bentuk peringatan hari pendidikan tidak hanya dalam bentuk seremonial-seremonial hanya berbau simbolis saja tetapi harus ada perubahan nyata dalam dunia pendidikan kita, setidaknya ada perbaikan peringkat PISA (Programme for International Student Assessment) kita supaya tidak masuk dalam 10 besar dari bawah. 

Tidak dapat dipungkiri jika pemerintah kita sudah melakukan daya upaya dalam merubah wajah pendidikan kita tetapi belum mampu merubah wajah pendidikan kita secara signifikan dan semoga Covid 19 ini mampu merubah wajah pendidikan kita untuk lebih maju kedepannya.

Covid 19 telah menghapuskan UNBK lebih cepat dari apa yang direncanakan, merubah pola pikir Guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam dunia pendidikan, mengingatkan orang tua bahwa orang tua punya andil yang besar dalam pendidikan anak mereka bukannya hanya Guru dan sekolah, Guru merubah metode pembelajaran mereka karena proses pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Sudah banyak yang dirubah oleh Covid 19 lalu bagaimana dengan kedepannya? Apa kita akan berubah dan berubah terus atau kita kembali seperti semula setelah Covid 19 sudah berlalu.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan peserta didik harus menyadari hal ini sebagai langkah awal untuk melakukan perubahan.

  • Pemerintah harus mengeluarkan regulasi yang jelas yang membuat seluruh stakeholder dalam dunia pendidikan untuk dapat melakukan perubahan, karena terkadang sekolah ingin melakukan perubahan tetapi ada ketakutan dikarenakan tidak ada aturan yang mengaturnya sehingga mereka hanya mengikuti regulasi yang ada walaupun itu sudah tidak sesuai dengan kebutuhan zamannya.
  • Sekolah harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman baik dari kurikulum, pendidik maupun teknologi yang berkembang dalam dunia pendidikan karena kalau tidak maka bisa jadi sekolah akan ditinggalkan karena saat ini seorang peserta didik dapat mencari ilmu hanya dengan mengikuti pelatihan di internet. Jangan sampai sekolah hanya dijadikan sebagai wadah mendapatkan cap tanda kelulusan pada selembar kertas. Apakah hal itu mungkin terjadi? Kenapa tidak, cepat atau lambat perubahan itu pasti akan terjadi.
  • Guru harus bersahabat dengan teknologi. Teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari Guru sejak Covid 19 mewabah di negeri ini. Hal ini jelas membuktikan bahwa Guru harus dapat beradaptasi dengan teknologi pendidikan karena pada dasarnya pendidikan tidak akan dapat lepas dari perkembangan teknologi. Guru yang tidak bersahabat dengan teknologi maka harus lebih bekerja keras dalam melakukan proses pendidikan yang dilakukan di kelas.
  • Orang tua di tengah pandemi Covid 19 memiliki peran yang luar biasa dalam dunia pendidikan kita karena mereka menjadi pendidik untuk anak-anak mereka menggantikan Guru mereka di sekolah sedangkan tidak semua orang tua memiliki kemampuan dalam mendidik walaupun mereka terdidik. Mau tidak mau ke depannya orang tua juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mendidik anak-anak mereka.
  • Peserta didik harus diajarkan bagaiamana cara mereka untuk belajar bukan lagi diceramahin atau disuapin dengan materi-materi yang mereka tidak sukai dan tidak sesuai dengan postensi dan kemampuan yang mereka miliki sehingga mereka merasa terpaksa dalam mengikuti setiap proses pendidikan yang mereka ikuti.

Banyak hal yang harus kita kerjakan dalam merubah pendidikan di negeri ini, karena itu semua pihak harus bekerja keras dan mendukung proses perubahan sesuai dengan porsi mereka masing-masing termasuk dalam dunia usaha dan dunia industri. Pendidikan kita sudah menunjukkan tanda perubahan karena itu kita tidak boleh untuk berhenti untuk berubah.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Poltak Efrisko Butar Butar

Add Comment